Mengintip Cara Pembuatan Bakmi Jawa Yang Penuh Keunikan - HALLO INDONESIA :-D
Headlines News :
Home » » Mengintip Cara Pembuatan Bakmi Jawa Yang Penuh Keunikan

Mengintip Cara Pembuatan Bakmi Jawa Yang Penuh Keunikan

Written By Informasi menarik on Senin, 14 Mei 2012 | 21.19

Assalamualaikum gan,apa kabar semua ??? semoga tetap dalam keadaan sehat wal afiat saja yah.nah gan di bulan mei ini sepertinya banyak sekali posting saya tentang kuliner.ya mungkin di bulan-bulan kemarin jarang sekali posting tentang kuliner dan sekarang mumpung ada ide saya mau posting kuliner unik lagi.

nah gan kali ini yang saya bahas yaitu sebuah makanan,Bakmi Jawa namanya.bakmi jawa adalah makanan khas daerah Gunung Kidul,Yogyakarta.bakmi jawa merupakan mie tradisional jawa,yang bahan-bahan nya masih alami tanpa ada pengawet dan bahan kimia lainnya.

secara tampilan bakmi jawa tidak ada bedanya dengan bakmi-bakmi lainnya,namun memang rasa bakmi jawa beda.bakmi jawa terasa agak sedikit manis dari bakmi yang biasa,maklum rasa manis adalah ciri khas orang jawa.sayuran yang digunakan hanya kubis,kucay dan tomat,setelah itu ditaburi daun bawang dan bawang goreng.

Terus apa yang membedakan bakmi jawa dengan bakmi-bakmi lainnya,berikut saya paparkan beberapa keunikannya :


Dimasak Menggunakan Tungku dan Arang

Keunikan yang pertama adalah pada cara pemasakan nya.meskipun jaman udah maju,orang memasak sudah menggunakan bahan bakar gas atau pun minyak tanah namun dalam pembuatan bakmi jawa masih tetap mempertahankan menggunakan arang dan kompor tungku,samapi sekarang tidak diketahui pasti apa penyebab nya.namun menurut pedagang nya langsung rasa bakmi jawa akan berbeda bila dimasak menggunakan kompor selain tungku dan berbahan bakar arang.hm.....benarkah demikian ???



Bakmi Jawa ada Varian Yang Direbus.

Keunikan yang kedua yaitu tentang varian nya.kebanyakan orang taunya Bakmi itu ya di goreng bukan direbus,namun beda lagi dengan Bakmi Jawa.ada juga lho yang varian rebus(godog) nya.sebenarnya dalam proses pembuatan nya tidak terlalu beda dengan yang varian goreng nya,hanya saja ketika di masak khusus bakmi rebus diberikan air kaldu lebih sebagai kuah nya.juga tidak diberikan kecap untuk pewarnaan dan rasa nya,jadi bakmi godog ini rasa nya tidak manis seperti bakmi yang goreng.


Masaknya Harus Satu per Satu atau Porsi per Porsi

Nah ada lagi nih keunikannya,dalam memasak bakmi jawa baik yang goreng maupun rebus dimasak nya harus 1 per 1 setiap porsi.jadi di dalam kuali/penggorengan hanya boleh membuat 1 porsi saja,tidak lebih.apa penyebab nya ??? menurut kata bakul nya langsung,jika bakmi jawa dimasak lebih dari 1 porsi di dalam penggorengan akan menurunkan cita rasa nya.karena bakmi jawa sendiri sudah di porsikan sekali masak untuk satu porsi.


Harus Menggunakan Daging Ayam Kampung

Nah inilah keunikan dan perbedaan terakhir dari kuliner Bakmi Jawa.dimana-mana Bakmi pasti pake daging,baik daging sapi maupun daging ayam.namun jika bakmi jawa ada pengecualian,yang digunakan kebanyakan adalah daging ayam.jarang sekali yang menggunakan daging selain ayam,mungkin bisa dihitung pake jari.dan ayam yang digunakan bukan ayam sembarangan,yang digunakan harus daging Ayam Kampung yang sudah besar namun tidak terlalu tua dan terlalu muda.entah apa alasan nya,namun penggunaan daging ayam kampung adalah ciri khas dari bakmi jawa ini.


Well,gimana gan ??? mau mencoba bakmi jawa !!! tidak sah ragu dan bimbang,bakmi jawa dapat ditemukan merata diseluruh wilayah Jogja,juga ada di jual di daerah luar jawa yang banyak orang jawa nya.kalau agan-agan penasaran segeralah mencoba bakmi jawa agar rasa penasaran anda terpuaskan.

sekian gan posting dari ane,smg bermanfaat.
Wassalamualaikum wr.wb.


Sumber Gambar:
-Pencarian Gambar Google
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Label 8

TECHNOLOGY
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HALLO INDONESIA :-D - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger